Tips Merawat Furnitur Kayu

Furnitur kayu – tentu selalu menjadi pilihan kalian ketika kalian sedang melakukan dekorasi rumah. Selain menambah estetika ruangan di rumah kalian, furnitur yang berbahan dasar kayu memiliki ketahanan yang cenderung lebih lama. Daripada furnitur yang berbahan dasar selain kayu.

Terdapat beberapa jenis furnitur yang sering sekali kita dengar dan laris di pasaran. Antara lain, yang berbahan dasar dari kayu jati ataupun mahoni. Namun, furnitur-furnitur tersebut juga memiliki tingkat kesulitan dalam hal perawatan, guna menjaga ketahanannya. Karena cenderung furnitur berbahan dasar kayu bisa cepat rusak jika kita salah merawatnya.

Maka dari itu, perlu kita perhatikan juga, selain harga yang cenderung mahal, furnitur tersebut butuh perhatian ekstra. Jika kita ingin furnitur tersebut terlihat nampak baru setiap saat. Berikut ini, penulis akan memberi tips-tips, bagaimana cara merawat dan menjaga furnitur kayu. Supaya perabotan kalian tetap tahan lama meski bertahun-tahun digunakan.

1. Membersihkan furnitur kayu dari debu

Memang terdengar sederhana, karena membersihkan debu bukanlah hal yang terlalu sulit untuk kalian lakukan. Namun, semakin banyak perabotan, maka semakin besar juga potensi kalian untuk melupakan perabotan-perabotan kayu yang cenderung memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini hanya membutuhkan kalian untuk lebih teliti ketika kalian sedang bersih-bersih. Karena furnitur yang penuh dengan debu, akan terlihat lapuk dan tidak sedap dipandang.

Baca Juga :  Mengenal dasar Kopi

2. Jauhkan dari pancaran sinar matahari

Selalu tempatkan furnitur kalian jauh dari pancaran sinar matahari. Karena ketika furnitur kalian terpapar sinar secara langsung setiap hari, hal itu akan cepat merusak perabotan kalian. Sinar matahari dapat menyebabkan kelembapan pada kayu, yang akan menyebabkan terjadinya keretakan hingga pecah. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat warna furnitur kalian menjadi pudar dengan waktu yang cenderung lebih cepat.

3. Hindari furnitur dari percikan air

Air, dapat merusak tekstur dari kayu. Seperti contoh, gelas air yang diletakkan di atas meja kayu, akan selalu meninggalkan noda air pada permukaan bawah gelas. Jika kalian biarkan, maka lama-kelamaan air tersebut akan terserap dan merusak tekstur dari perabotan kalian.

Namun untuk masalah ini, kalian tidak perlu khawatir. Karena jika perabotan kalian terlanjur terkena noda yang sulit untuk kalian bersihkan, gunakan campuran odol dan baking soda. Lalu bilas bagian yang terkena noda menggunakan kain lembut yang sudah kalian basahi dengan air hangat. Dan jangan lupa untuk menggunakan alas atau tatakan ketika kalian ingin meletakkan piring ataupun gelas di atas perabotan kalian.

4. Gunakan pledge kayu

Pledge atau yang biasa orang sebut dengan semprotan pembersih kayu, dapat kalian gunakan untuk merawat perabotan kalian. Cobalah untuk membeli pledge dengan kualitas yang baik. Caranya sangat mudah, semprotkan seperlunya cairan pledge ini pada bagian-bagian kayu. Jangan lupa semprot pada bagian yang sulit terjangkau.

Baca Juga :  Tips Mengelola Keuangan

5. Gunakan biopolish

Jika pledge kalian gunakan untuk menjaga furnitur kayu, berbeda dengan biopolish. Biopolish adalah pelapis kayu yang memiliki manfaat untuk mencerahkan dan menajamkan warna dari perabotan kalian. Selain itu, biopolish juga dapat melindungi perabotan kalian dari percikan atau noda-noda yang dapat menempel pada kayu.

6. Hati-hati ketika memindahkan barang

Hal ini yang paling sering orang lakukan ketika memindah barang, khususnya perabotan kayu yang besar. Selalu hindari pemindahan barang dengan cara menggesernya. Hal ini akan membuat permukaan kayu menjadi cepat rusak. Jika memang perabotan kalian terlalu besar, maka cobalah untuk minta bantuan orang lain untuk mengangkatnya. Jika mustahil untuk diangkat seperti lemari, gunakan keset yang lembut dan letakkan di bawah lemari kalian. Dengan begitu, maka kalian akan lebih mudah untuk menggeser lemari tersebut.


Merawat furnitur kayu memang hanya membutuhkan perhatian-perhatian kecil saja dari pemiliknya. Selain dari harga yang mahal, besar atau kecilnya perabotan kalian harus selalu kalian perhatikan agar barang tersebut tetap memberikan estetika di rumah kalian.

Share this article!

Leave a Reply