Tips Menjalankan Puasa

puasa

Puasa wajib (disebut juga Shaum) selama bulan Ramadhan adalah satu bulan penuh dan ditutup sebelum Idul Fitri. Metode puasa adalah menghindari makan dan minum, dan mengambil semua tindakan yang dapat mengganggu puasa dari fajar hingga matahari terbenam, untuk mengikuti petunjuk dalam kitab suci Muslim “Quran”. Puasa juga membantu mengembangkan sikap yang baik, yang semuanya diharapkan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan, bukan hanya sebulan puasa. Jika didasarkan pada ritual puasa itu sendiri, maka jika kita ingin mengakhiri atau menghancurkannya, maka akan menjadi kontradiktif jika kita tidak beristirahat secukupnya saja.

Melalui puasa, seseorang dapat mengistirahatkan organ pencernaan dan menjadi proses detoksifikasi tubuh. Selama bulan puasa, tubuh tentunya harus menghadapi perubahan pola makan. Pastikan perubahan ini tidak mengganggu aktivitas fisik atau kesehatan Anda, dan setelah Ramadhan kita akan lebih segar dari sebelumnya. Anak-anak yang belum remaja tidak wajib berpuasa, namun banyak orang tua yang sudah mulai mengajarkan anaknya berpuasa sejak dini. Tujuannya agar saat anak Anda besar nanti, dia bisa berpuasa dengan baik.

Berikut beberapa tips agar Anda bisa melewati puasa dengan baik,

Hindari makanan manis dan berminyak

Gula tinggi kalori, dan makanan berminyak atau berlemak tinggi dapat menyebabkan asam lambung. Sebaiknya hindari dua jenis makanan tersebut, terutama saat bulan puasa.

 Istirahat Cukup

Puasa juga mengubah waktu tidur Anda dan menghalangi Anda untuk bangun pada jam 5 atau 6 pagi, sehingga Anda harus bangun jam 3 pagi untuk sahur.  Oleh karena itu, pastikan untuk tidur lebih awal selama puasa, agar tidak bangun saat subuh dan kemudian tidur lagi. Kalaupun berpuasa, sebaiknya tetap tidur minimal 8 jam sehari. Jika perlu, tidur siang setelah beraktifitas untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

Konsumsi Air Putih 

Meminum 8 gelas air putih sehari bisa membuat tubuh tidak kekurangan ion. Bahkan jika Anda berpuasa, Dianjurkan minum 8 gelas sehari. Setelah puasa dapat dibagi menjadi 2 gelas, setelah shalat dengan pasir dapat dibagi menjadi 2 gelas, setelah tarawi atau sebelum tidur dapat dibagi menjadi 2 gelas, dan dapat dibagi menjadi 2 gelas saat sahur.

Perbanyak konsumsi protein dan makanan tinggi serat

Protein serta serat besar bagus buat pencernaan sehingga detoksifikasi tubuh hendak senantiasa terpelihara. Santapan berserat besar pula hendak membagikan dampak kenyang yang lebih lama sehingga sangat sesuai buat disantap dikala sahur.

Tambah asupan vitamin

Pemilihan konsumsi gizi yang pas sangat mempengaruhi tenaga setiap hari. Tidak terkecuali mengkonsumsi suplemen. Suplemen herbal semacam kapsul temulawak menolong tingkatkan antioksidan badan serta menolong kesehatan pencernaan.

Tips Menjalankan Puasa was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *