Tips Hemat Listrik Selama Dirumahaja!

Listrik

Saat ini sedang ramai di sosial media keluhan bahwa tagihan listrik di rumah tiba-tiba membengkak yang bahkan kenaikannya bisa mencapai seratus persen. Tentu saja banyak orang kaget sekaligus bertanya-tanya bagaimana tagihan listrik dirumah bisa menjadi sebanyak itu. Padahal tanpa kita sadari, semenjak adanya pandemi ini, kita banyak menghabiskan waktu di rumah karena segala kegiatan dialihkan dari rumah saja, seperti belajar daring dan bekerja dari rumah atau WFH (work from home).

Kegiatan belajar dan bekerja dari rumah membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Akibatnya, tanpa kita sadari, kita telah menggunakan barang-barang elektronik dengan durasi yang lebih lama daripada biasanya. Hal inilah yang membuat tagihan listrik kita meningkat berkali-kali lipat. 

Dibawah ini penulis akan membagi beberapa tips agar kamu dapat lebih menghemat penggunaan listrik di rumah sehingga tagihan listrikmu tidak jebol.

Matikan Alat yang Tidak Terpakai

Mungkin kedengarannya cara satu ini sangat mudah dan umum, tapi pada kenyataannya masih banyak dari kita yang menyepelekan hal ini. Mematikan alat-alat elektronik yang tidak terpakai minimal satu jam mampu mengurangi tagihan listrik kita yang setara dengan melistriki satu rumah tangga di pelosok.

Mulai untuk mematikan televisi saat tidak lagi ditonton atau mematikan AC saat keluar rumah adalah langkah mudah yang harus mulai dibiasakan. Selain menghemat listrik, pemakaian alat eletronik secara bijak juga membantu ketahanan dari barang elektronik tersebut. 

Gunakan Stop Kontak Timer Listrik

Tidak banyak yang tahu bahwa ada sebuah alat yang dinilai efektif untuk menghemat penggunaan listrik di rumah. Alat tersebut adalah stop kontak timer listrik. Stop kontak timer listrik ini berfungsi untuk mematikan secara otomatis aliran listrik pada barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai. Alat ini sebenarnya sangat cocok bagi kamu yang sering lupa untuk mematikan listrik sehingga tagihannya terus melonjak.

Alat ini dapat dibeli secara online maupun di toko alat-alat listrik dan cara pemasangannya pun cukup mudah. Alat ini memiliki cara kerja seperti alarm, tapi dengan sistem otomatis. Sehingga saat kamu telah mengatur durasi pemakaian hingga beberapa jam kedepan, otomatis alat ini akan mematikan aliran listrik ketika waktu durasinya telah habis.

Cek Spesifikasi Daya Alat Elektronik

Mengecek berapa daya pada setiap alat elektronik dapat membantu menghemat tagihan listrikmu. Dengan mengetahui spesifikasi dan daya setiap alat elektronik, kamu dapat mengetahui berapa banyak konsumsi harian dan meminimalisir penggunaan daya yang berlebihan.

Sebagai contoh, kulkas satu pintu pada umumnya menghabiskan daya sebesar 80 watt secara maksimum. Namun, bila kamu menggunakannya dengan stabil dan tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas, maka kamu bisa mengurangi dayanya hingga 40 watt.

Mengecek daya sebelum membeli alat elektronik juga dapat membantu memperhitungkan biaya tagihan listrikmu kedepannya. Begitu juga saat kamu mengetahui besar daya tiap elektronik di rumah, kamu akan tahu perkiraan tagihan listrik dan berusaha mengurangi penggunaan alat elektronik dengan daya yang cukup besar.

Memanfaatkan Penerangan Melalui Ventilasi Udara

Bila kamu adalah tipe orang yang suka menyalakan lampu pada siang hari, mungkin kamu harus belajar untuk berhenti dengan kebiasaan itu. Karena penggunaan lampu pada siang hari adalah pemborosan dan penyebab tagihan semakin membengkak. Kamu dapat memanfaatkan ventilasi udara atau jendela rumah sebagai sumber penerangan tanpa harus menyalakan lampu tambahan.

Edukasi Keluarga di Rumah

Listrik dan alat elektronik yang ada dirumah dipakai tidak hanya oleh orang tua saja, namun juga anak-anak. Dan banyak kasus yang terjadi bahwa anak-anak tidak memahami tentang pemborosan listrik dan pemakaian listrik secara benar. Maka dari itu diperlukan edukasi tentang pemakaian listrik secara bijak kepada seluruh anggota keluarga agar pemakaian listrik dan alat-alat elektronik tidak menjadi sembarangan lagi.

Berikut tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari tagihan listrik yang melonjak berlebihan selama kegiatanmu dirumahaja. Pergunakan listrik secara bijak agar tidak merugikanmu di kemudian hari.

Baca juga: Pandemi Di Rumah Terus? Lakukan Ini Agar Lebih Produktif

Tips Hemat Listrik Selama Dirumahaja! was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *