Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Permainan Ini

kreativitas

Wabah virus Covid-19 yang sedang melanda ini membuat banyak orang terpaksa tinggal dan melakukan segala aktivitas dirumah. Mulai dari kerja, kuliah, hingga sekolah, semua kalangan dianggap terdampak oleh adanya pandemi ini, termasuk anak-anak.

Anak-anak dengan masa aktif dan pertumbuhan yang harusnya dapat mengeksplorasi dunia luar terpaksa tidak dapat memanfaatkan masa emasnya dengan baik. Mereka harus banyak belajar dan bermain dari rumah. Para orang tua akan mulai takut akan perkembangan pendidikan dan kreativitas anak. Tapi, jangan khawatir! Penulis memiliki rekomendasi permainan anak-anak yang bagus untuk mengembangkan kreativitas buah hati selama masa pandemi ini.

Bermain Plastisin dan Kotak Pasir

kreativitas

Source: pixabay.com

Permainan plastisin atau lilin adalah permainan yang telah ada dari jaman dulu dan banyak dipakai orang tua untuk meningkatkan kreativitas anak. Mungkin banyak dari kita yang tidak begitu tertarik memberikan mainan plastisin pada anak karena dinilai tidak semenarik mobil-mobilan atau boneka. Padahal, bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas si kecil. Dengan bermain plastisin, si kecil akan menggunakan imajinasinya dan menuangkannya dalam bentuk-bentuk yang unik dan lucu. Sehingga, otak kanannya dapat berkembang dengan baik. Tapi ingat untuk selalu menggunakan plastisin yang aman untuk anak dan awasi agar tidak tertelan.

Apabila kamu memiliki halaman yang cukup luas atau teras yang cukup lapang, kamu dapat menggunakan permainan kotak pasir untuk anak. Kegiatan yang dilakukan di luar ruangan ini sangat asyik apabila dilakukan oleh seluruh keluarga. Sama seperti plastisin yang menuntut anak untuk mengembangkan imajinasinya, kotak pasir juga mengasah kreativitas si buah hati. Pasir yang digunakan dapat dibeli khusus di toko mainan. Carilah pasir dengan tekstur yang halus dan menyerupai pasir pantai agar aman bagi anak. Tapi tetap untuk selalu mengawasi ketika anak sedang bermain pasir, ya.

Bermain Lego

kreativitas

Source: pixabay.com

Siapa yang tidak tahu lego? Permainan anak berbentuk balok ini sudah sangat terkenal dan dipakai oleh seluruh orang tua di dunia. Dan banyak penelitian mengungkapkan bahwa bermain lego dapat meningkatkan kreativitas anak secara maksimal. Bermain lego dapat membuat anak mengembangkan imajinasinya dan mendorong kemampuan saraf motorik pada anak juga. Selain dapat dimainkan sendiri, lego juga dapat dimainkan secara kelompok. Para ibu dapat berpartisipasi dengan memberikan sebuah misi untuk membangun sesuatu, misalnya benteng, dan anak akan membangunnya sesuai imajinasi mereka. Selain aman, bermain lego juga ternyata sangat bermanfaat, ya!

Bermain Catur

kreativitas

Source: pixabay.com

Catur mungkin dianggap sebagai permainan sulit dan hanya untuk orang dewasa saja, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Catur mungkin terlihat sulit dan penuh dengan strategi, tapi justru hal itulah yang mampu meningkatkan kemampuan otak kanan buah hati, khususnya di bidang kreativitas. Studi di AS mengungkapkan bahwa anak yang dilatih bermain catur pada usia dini memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan dapat berpikir kritis. Maka dari itu, ajari anak untuk bermain catur ya, sehingga tingkat kreativitasnya bisa maksimal.

Membuat Kerajinan Tangan

kreativitas

Source: pixabay.com

Kalau yang ini semua orang pasti setuju, kalau membuat keterampilan dan kerajinan tangan memang sangat bagus untuk mengasah kreativitas dan imajinasi dari anak. Selain dapat menjadi sarana bermain yang asyik, hasil dari keterampilan pun bisa digunakan sebagai hiasan untuk kamar anak. Siapkan bahan-bahan yang berwarna-warni seperti kertas lipat, kain flanel, renda, dan manik-manik agar anak lebih banyak bisa berkreasi dengan warna. Gunakan juga gunting yang khusus untuk kertas dan aman digunakan untuk anak dibawah umur. Selalu awasi juga saat buah hati membuat kerajinan tangan dan beri semangat dan pujian agar buah hati senang dalam membuat keterampilannya.

Itulah beberapa permainan rekomendasi penulis untuk ibu-ibu dirumah yang memiliki buah hati dibawah umur agar mereka tetap mengembangkan kreativitas sambil bermain. Jadi, di rumah saja tidak berarti menghambat kemampuan tumbuh kembang si kecil, ya.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh
Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Permainan Ini was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *