Permainan khas Indonesia

permainan tradisional

Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk permainan terstruktur, biasanya dilaksanakan untuk hiburan, dan terkadang digunakan sebagai alat pendidikan. Permainan berbeda dengan pekerjaan yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan imbalan, dan juga berbeda dengan seni yang biasanya merupakan ekspresi dari unsur estetika atau ideologis. Namun, perbedaannya tidak jelas, dan banyak game juga dianggap sebagai karya (seperti pemain olahraga profesional atau game penonton) atau karya seni (seperti puzzle atau game yang melibatkan tata letak artistik, seperti mahjong, game solitaire, atau game elektronik tertentu).

Anak-anak dan teman-temannya banyak bermain bersama di halaman atau di teras rumah. Mereka berlari dalam kelompok, berlarian atau dalam lingkaran untuk memainkan salah satu permainan ini dan membangun keintiman. Beberapa permainan ini disebut permainan tradisional karena diciptakan sejak lama, sedangkan di sisi lain permainan yang lebih belakangan (biasanya menggunakan peralatan yang rumit) disebut permainan modern.

  • Hompimpa atau gambreng

Hompimpa atau hompimpah adalah cara yang menggunakan telapak tangan sekurang-kurangnya tiga orang peserta untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Biasanya anak-anak akan menggunakan hompimpa untuk menentukan giliran bermain. Misalnya saat bermain petak umpet, anak yang kalah dari burung kolibri akan beralih ke penjaga pos. Tapi aturan ini bisa diubah berdasarkan persetujuan pemain.

hompimpa dilakukan dengan kalimat “Hompimpa alaium gambreng”, sedangkan dalam budaya Betawi, hompimpa dilakukan dengan kalimat lebih panjang, yakni “Hompimpa alaium gambreng. Mpok Ipah pakai baju rombeng.

  • Main kelereng (gundu)

Kelerengadalah bola kecil yang terbuat dari tanah liat, marmer atau kaca, yang dapat digunakan untuk bermain anak. Ukuran kelereng sangat bervariasi. Biasanya berukuran ½ inci (1,25 cm) dari ujung ke ujung. Terkadang kelereng dikumpulkan untuk tujuan nostalgia dan warna yang indah.

  • Layang-layang

Layang-layang adalah sebuah kertas yang di lapisi dengan rangka dari layang layang dan diterbangkan ke udara dan dihubungkan dengan tali. Layang-layang memanfaatkan tenaga angin sebagai alat untuk mengangkatnya. Itu secara luas diakui di seluruh dunia sebagai alat permainan. 

  • Tarik tambang

Tarik tambang merupakan permainan antar tim yang membutuhkan kekuatan sekaligus kekompakan. Tarik tambang memang biasa dimainkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Permainan populer ini tidak hanya dimainkan pada saat perlombaan pada tanggal 17 Agustus tetapi juga dilombakan pada akhir pekan kreativitas di sekolah-sekolah.

  • Balap karung

Balap karung adalah salah satu balapan tradisional paling populer di Hari Kemerdekaan Indonesia. Banyak peserta yang diminta memasukkan tubuh bagian bawah dari perut sampai telapak kaki ke dalam karung dan berlomba ke garis finis dengan cara melompat.

 

Permainan khas Indonesia was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *