Olahraga Pada Bulan Puasa

Tak terasa bulan puasa sebentar lagi akan datang. Tentunya masing-masing dari kita, terutama yang beragama Islam sudah memiliki persiapan yang matang menjelang bulan Ramadhan nanti. Selain persiapan rohani, tentu kita juga butuh persiapan jasmani dong. Karena beraktivitas saat berpuasa dapat menguras tenaga kita dengan cepat. Nah, salah satu solusinya adalah dengan melakukan olahraga rutin agar tubuh kita tetap fit setiap hari.

Olahraga sambil berpuasa adalah yang baik jika kita lakukan dengan baik dan juga teratur. Namun juga ada tidak bagusnya loh berolahraga ketika berpuasa. Salah satunya adalah pemilihan waktu olahraga saat berpuasa. Karena melakukan aktivitas berat tersebut saat perut sedang kosong, dapat membuat kalian menjadi cepat lesu dan bahkan kelelahan. Dengan berolahraga di waktu yang tepat, maka puasa kita dalam sehari-hari akan berjalan lancar. Lalu kita harus berolahraga kapan saja nih?

Olahraga Sebelum Sahur

Jika kamu adalah tipe orang yang selalu bangun pagi, maka berolahraga sebelum sahur bisa kamu lakukan. Ada beberapa alasan kenapa waktu ini baik bagi kalian. Yang pertama adalah kalian masih menyimpan energi dari buka puasa di sore sebelumnya. Dan tentu setelah berolahraga pagi, kalian akan isi kembali tubuh kalian dengan energi pada saat sahur. Hal ini akan membantu kalian untuk tetap fit dan mengurangi rasa kantuk di pagi hari.

Baca Juga :  Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Sebelum Atau Sesudah Berbuka Puasa

Masih dengan alasan yang sama, bahwa melakukan aktivitas ini dengan perut kosong adalah hal yang tidak baik. Idealnya, kalian dapat melakukan aktivitas ini kurang lebih satu setengah jam sebelum berbuka puasa. Namun perlu kalian perhatikan juga bahwa ketika kalian usai berolahraga, cobalah untuk istirahat sejenak dengan meminum air. Lalu silahkan lanjutkan dengan berbuka puasa.

Berbeda dengan setelah berbuka puasa, kalian bisa melakukan aktivitas ini seperti halnya kalian berolahraga di luar bulan puasa. Karena tubuh kalian sudah terisi dengan energi, maka kalian bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih berat jika dibandingkan di waktu sebelum berbuka puasa.


Di atas kita sudah membahas waktu nih, lalu apa saja jenis-jenis aktivitas olahraga yang cocok dilakukan di bulan puasa? Karena tidak semua aktivitas olahraga baik dilakukan ketika kalian sedang berpuasa, cenderung pada aktivitas yang terlalu berat.

Jalan Kaki

Jalan kaki adalah suatu aktivitas ringan yang pastinya jarang kalian lakukan. Gunakan aktivitas ini sembari kalian ingin menunaikan sholat tarawih. Jika lokasi masjid terlalu dekat dengan tempat tinggal kalian, maka kalian bisa berjalan-jalan dahulu di sekitaran masjid atau bahkan berjalan ke masjid dengan melewati rute yang lebih jauh.

Bersepeda

Sama dengan jalan kaki, aktivitas ini menjadi salah satu aktivitas ringan yang dapat kalian lakukan ketika kalian berpuasa. Misalnya jika sekolah atau tempat kerja kalian tidak terlalu jauh, maka aktivitas ini pas untuk kalian lakukan.

Baca Juga :  Susah Tidur? Ikuti Tips-Tips Berikut!

Lari Pagi

Sesuai dengan namanya, pastinya harus kalian lakukan sebelum sahur. Sama seperti manfaat jogging pada umumnya, lari pagi dapat menjadi alternatif bagi kalian yang ingin berolahraga di pagi hari.


Selain olahraga, kalian juga perlu memperhatikan makanan yang kalian konsumsi ketika berbuka puasa. Karena cenderung kita hilang kendali pada makanan-makanan yang dihidangkan di meja. Cobalah untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang kalian perlukan supaya kalian dapat energi kembali di pagi hari untuk beraktivitas dan juga berpuasa. Terutama juga dengan suplemen atau vitamin yang harus kalian konsumsi secara rutin di bulan puasa ini. Dan yang terakhir adalah perbanyak minum air putih, dan juga perhatikan pula jam tidur kalian. Jangan jadikan bulan puasa sebagai alasan buat kalian molor ya.

Share this article!

Leave a Reply