Menjadi Player E-Sport Professional


Pernahkah anda mendengar tentang Na’Vi, Empire, Liquid, Nigma, dan sejenisnya? Nama-nama tersebut adalah nama-nama tim besar yang sudah lama bergerak di bidang E-Sport dalam jenis game yang beragam. Tim-tim tersebut telah setidaknya mendapatkan ratusan milyar (dalam rupiah) dari kompetensi-kompetensi besar yang mereka ikuti.

Lalu apa itu E-Sport?

Jika anda tidak familiar dengan nama tersebut, E-Sport adalah singkatan dari Electronic Sport, khususnya video game. Layaknya tim sepak bola yang sering anda tonton melalui televisi, E-Sport memiliki keragaman yang tidak jauh berbeda. Terdapat dua tim (atau lebih) yang saling beradu untuk merebutkan juara dengan hadiah ratusan milyar. Terdapat juga transfer pemain antar tim.

E-Sport saat ini telah terasosiasi dengan banyak game seperti diantaranya Dota 2, LOL, PUBG, dan lain-lain. Pada tahun 2019 ini, tim Dota 2, OG, dari Eropa berhasil memenangkan The International dengan total uang yang didapat sebesar $15,620,181 (Rp. 219.055.856.325,90.) Gila, bukan?

Meskipun demikian, menjadi seorang player profesional tidaklah semudah yang anda bayangkan. Tidak hanya dengan mahir bermain sebuah game saja anda dapat menjadi seorang profesional, namun terdapat banyak aspek yang harus anda perhatikan.

Pilihlah Game Favorit Anda

Cenderung, orang akan lebih ‘jago’ dalam memainkan game favorit mereka jika mereka terus latih kemampuannya dalam bermain game. Hal ini merupakan suatu hal yang alami dialami oleh seorang pemain game.

Latihan

Dalam sebuah tim E-Sport, latihan adalah hal yang paling penting dan ketat. Salah satu tim asal Amerika, Evil Geniuses, berkata bahwa mereka harus menghabiskan kurang lebih 8 jam dalam sehari untuk bermain game. Dan itu adalah suatu kewajiban dan komitmen yang harus mereka jalani setiap harinya.

Gear up

Menjadi seorang player profesional memang sedikit lebih sulit tanpa didukung peralatan yang memadai. Anda tidak perlu membeli sebuah perlengkapan seperti PC yang sangat mahal, namun cukup untuk bisa membuat anda nyaman bermain dan berlatih setiap harinya.

Bergabung Dengan Komunitas Game

Banyak sekali komunitas game yang bisa anda datangi untuk sekedar belajar dan berkumpul dengan orang-orang yang mungkin bisa menjadi role model anda.

Mencari Tim

Jika anda telah merasa bahwa anda layak untuk berkompetensi secara profesional, mulailah untuk mencari tim-tim yang mungkin membuka lowongan pemain di dalamnya. Mulailah dari tim-tim kecil yang memiliki sebuah sponsor untuk mengembangkan diri anda.

Mengikuti Turnamen

Ketika anda telah mendapatkan tim, cobalah untuk mengetes kemampuan anda dalam turnamen bersama dengan tim anda. Cobalah untuk menguji kemampuan kerjasama tim anda. Kekalahan jangan sampai membuat anda patah semangat.

Mendapatkan Sponsor

Selain mencari tim yang telah memiliki sponsor, cobalah untuk mencari sponsor untuk diri anda.


Menjadi Player E-Sport Professional was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *