Menjadi pencari beasiswa? Lihatlah tips dari kami!

Beasiswa itu sulit!

Itulah yang dikatakan teman-teman kita yang mencari beasiswa. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan baik dari dokumen Anda, visi dan kepribadian Anda, dan begitu banyak karya tulis yang perlu diperiksa. Belum lagi persiapan untuk serangkaian tes dan wawancara yang akan menelan korban mental dan spiritual. Namun, kesulitan dan perjuangan itu pasti akan terbayar ketika lampu hijau untuk belajar di luar negeri dinyalakan. Dengan demikian, perjalanan untuk mencapai mimpi akhirnya dimulai.

Apakah Anda salah satu dari pencari beasiswa tersebut? Atau apakah Anda seorang siswa yang berencana untuk belajar melalui beasiswa? Jika Anda tidak berpengalaman dengan program beasiswa atau hibah, Anda mungkin ingin memeriksa tips kami di bawah ini. Terima kasih kepada Ratu Upisika (@ ratu.upisika) yang kebetulan juga menjadi pencari beasiswa untuk ide dan tipsnya.

Ini semua tentang pencarian

Ada begitu banyak program di luar sana yang dapat Anda cari melalui Google dan cukup ketik beasiswa seperti apa yang Anda inginkan. Sumber terbaik di luar sana tentu saja dosen dan teman-teman Anda yang juga belajar di luar negeri melalui beasiswa. Dapatkan informasi di mana saja dan di mana saja dan pasti Anda akan menemukan program terbaik yang cocok untuk Anda. Yang paling penting, perhatikan baik-baik persyaratan yang harus Anda selesaikan jika tidak, Anda tidak akan mengambil langkah lain untuk pengujian program

Hemat uang Anda

Mencari informasi dan referensi tentang beasiswa juga membutuhkan uang. Misalnya Anda harus naik bus ke kota lain hanya untuk bertemu sumber Anda, mungkin untuk menghadiri pameran pendidikan di kota tetangga, atau mungkin membeli hadiah untuk dosen Anda sebagai penghargaan karena memberi Anda tips tentang belajar di luar negeri. Oleh karena itu, penghematan uang tidak akan merugikan sedikit pun.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Anda Lebih Produktif

Dapatkan lebih banyak informasi dan pengalaman

Selalu ada yang pertama kali untuk segalanya tetapi konsistensi adalah yang paling penting. Semakin banyak informasi yang Anda peroleh, Anda akan lebih merasa siap untuk ujian. Tentu saja ada banyak metode untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dan salah satunya adalah pameran pendidikan dan kemahasiswaan yang lebih mungkin diadakan di kota-kota besar di sekitar Anda. Pameran semacam ini adalah kesempatan sempurna untuk mengumpulkan lebih banyak tips dan trik untuk belajar di luar negeri.

Namun, hanya informasi verbal dan tertulis yang tidak cukup untuk persiapan ujian. Mengalami bagaimana ujian akan dilakukan adalah metode terbaik untuk mempersiapkan diri Anda, misalnya mengambil beberapa ujian dan kursus tentang persyaratan kemahiran bahasa beasiswa yaitu TOEFL / IELTS (Amerika dan Inggris), JLPT (Jepang), APT (Arab), STAMP Jerman (Jerman), dll tentang negara tujuan Anda untuk belajar.

Asah keterampilan Anda dan perhatikan lingkungan Anda

Mencari beasiswa hampir sama dengan mencari pekerjaan. Orang-orang yang ingin Anda menerima hibah akan melihat apa yang istimewa dari Anda dan itu tidak selalu sesuatu yang begitu mewah. Sesuatu yang sederhana tetapi istimewa seperti bagaimana Anda mendesain sebuah mode pakaian atau bagaimana Anda begitu bergairah dalam seni rupa dan menunjukkan kepada mereka karya seni pribadi Anda atau mungkin bagaimana Anda melakukan fotografi panorama di waktu luang Anda dan ingin belajar tentang seni fotografi di luar negeri atau apa pun tentang hasrat Anda dan gaya. Hal-hal kecil itu istimewa dan Anda harus bangga karenanya. Asah, cari peningkatan dan Anda akan menjadi profesional di depan pewawancara.

Baca Juga :  Limbah Plastik, Manfaatkan untuk Jadi Kerajinan Unik

Bukan hanya keterampilan mentah, tetapi Anda harus berpikir bagaimana keterampilan Anda dan studi di masa depan bermanfaat bagi masyarakat Anda. Anda adalah agen perubahan dan belajar di luar negeri hanya cara bagi Anda untuk mengubah apa yang buruk di lingkungan Anda. Sebagai contoh yaitu Nadiem Makarim CEO Gojek, seorang Uber Indonesia yang berspesialisasi dalam transportasi sepeda motor. Dia prihatin dengan masyarakatnya dalam hal persaingan tidak sehat antara pengemudi ojek (motor ojek) yang membawanya untuk mengembangkan Gojek sehingga ada kesempatan yang sama bagi pengemudi ojek untuk mendapatkan penghuni.

Keterampilan dan visi Anda untuk perbaikan masyarakat Anda adalah nomor satu dalam mencari beasiswa.

Pikirkan visi Anda

Program beasiswa adalah untuk mereka yang memiliki visi dan misi untuk meningkatkan diri sendiri dan masyarakatnya. Studi Anda tidak hanya untuk mendapatkan pengetahuan untuk diri sendiri tetapi untuk menerapkan hasil studi tersebut untuk memperbaiki masalah di sekitar Anda. Ini terkait dengan identitas Anda: siapa Anda, dari mana Anda berasal, bagaimana Anda bisa meningkatkan dan bagaimana Anda bisa membujuk orang untuk menjadi versi yang lebih baik. Jelajahi karakter dan diri Anda lebih banyak sehingga Anda akan tahu apa yang ingin Anda lakukan dan apa yang ingin Anda dapatkan melalui studi di luar negeri. Ingat, selalu pikirkan bagaimana Anda akan mengubah masyarakat Anda menjadi lebih baik.

jadi? Apa yang Anda tunggu, pemimpin masa depan? Ini adalah kesempatan Anda dan menjadikannya sebagai pengalaman terbaik seumur hidup Anda. Semoga berhasil!

Share this article!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.