Masakan Indonesia

masakan indonesia

Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner terkaya di dunia, dan memiliki cita rasa yang kuat. Masakannya yang kaya mencerminkan keragaman budaya dan tradisi nusantara.

Hampir semua masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah yang berasal dari rempah-rempah, seperti kacang tanah, cabai, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren, yang kemudian dimasak sesuai dengan bahan. 

Kini, beberapa masakan asli Indonesia bisa ditemukan di banyak negara / kawasan di benua Asia. Hidangan populer Indonesia seperti sate, rendang dan sambal juga sangat populer di Malaysia dan Singapura. 

Nasi Campur Bali

Nasi campur bali atau Nasi Kedewatan berasal dari desa Kedewatan di Gianyar, Bali. Nasi kedewatan merupakan nasi campur yang berisi ayam dan dimakan dengan telur, lawar, sate lilit dan sambal matah. Ciri khas dari nasi ayam adalah rasa pedasnya. Lawar adalah campuran sayur mayur, kelapa parut dan ayam. Ayam yang digunakan adalah ayam non petelur. Sate lilit adalah ikan laut parut yang dijadikan sate kemudian dibakar. Awalnya, nasi dijual dengan telur dangdang yang dimasak dengan serai dan kunyit sebagai lauk. Setelah 10 tahun menjual nasi telur ceper, Metri kemudian meningkatkan penjualan nasi ayam. Nasi berbeda dengan ayam betutu, ayam kari dan ayam goreng. Gunakan sendok dasar untuk membumbui. Ini termasuk lengkuas, kunyit, jahe, lada, ketumbar, cengkeh, kapulaga, air tawar, jahe, bawang merah, kesuna atau bawang putih, dan serai.

Nasi Padang

Nasi Padang (Nasi Padang) adalah nasi putih dengan aneka lauk pauk khas Indonesia. Padang mengacu pada ibu kota Provinsi Sumatera Barat dan merupakan kampung halaman orang Minangkabau. Nasi Padang merupakan buffet lengkap termasuk daging, ikan, sayur mayur dan makanan pedas yang disantap dengan nasi putih merupakan komoditas ekspor yang paling diminati masyarakat Minangkabau telah memberikan kontribusi yang besar terhadap masakan Indonesia.

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan nasi yang dibuat dengan mencampurkan nasi dengan bumbu seperti bawang putih, kucai, merica dan kecap manis untuk menghasilkan rasa yang berbeda di dalam penggorengan atau penggorengan. Selain itu, ditambahkan bahan pelengkap seperti telur, sayur, seafood atau daging. Nasi goreng adalah makanan jalanan yang populer di Asia.

Di beberapa negara Asia, restoran kecil, toko pinggir jalan, dan pedagang asongan berspesialisasi dalam nasi goreng. Di kota-kota di Indonesia, tidak jarang para pedagang nasi goreng mondar-mandir dengan gerobak makanannya, terparkir di jalanan yang ramai atau kawasan pemukiman. Beberapa toko makanan di Asia Tenggara menawarkan nasi goreng, termasuk berbagai rasa dan lauk pauk.

Nasi Gudeg

makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:

  • Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
  • Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Sate

Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging, dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tulang, daun kelapa atau bambu, dan dipanggang dengan arang arang. Sate dipadukan dengan berbagai bumbu sesuai dengan resep sate yang berbeda.

Daging yang digunakan untuk sate antara lain ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda dan lain-lain. Sate berasal dari Jawa, Indonesia, dapat ditemukan dimana saja di Indonesia dan dianggap sebagai salah satu makanan lezat nasional Indonesia.

Masakan Indonesia was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *