Manfaat Mengkonsumsi Rempah – Rempah

rempah rempah

Manfaat Rempah – Rempah bukan hanya tentang bumbu masakan. Rempah – Rempah juga mengandung bahan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, bahkan penyakit yang mengancam jiwa. Dipercaya bahwa makan rempah-rempah akan mengurangi risiko berbagai penyakit. Bumbu ini dikatakan dapat mengurangi kerusakan sel tubuh dan melawan peradangan berkat bahan kimia sehatnya yang disebut phytochemical.

ada beberapa rempah rempah yang memiliki banyak khasiat seperti Kayu manis, Kunyit, Bawang putih, Kapulaga, Kemangi, dan Jahe

Diantara semua rempah -rempah diatas jahe telah terbukti bisa menjadi rempah yang bermanfaat bagi tubuh manusia. jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif. Diyakini khasiatnya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Jahe dapat mengobati banyak penyakit, mulai dari flu, mual, rematik, migrain hingga tekanan darah tinggi. 

Jahe mengandung banyak nutrisi dan bahan aktif biologis yang dapat memberikan banyak manfaat Jahe merupakan salah satu bumbu masak yang dikenal memiliki banyak khasiat, dan tentunya juga sangat menyehatkan. Tidak hanya bisa menghangatkan badan, tapi ada juga manfaat jahe untuk kesehatan. 

Berikut ini adalah macam-macam manfaat yang terdapat ketika kita mengkonsumsi jahe

Menyembuhkan Nyeri Badan

Fenol dan gingerol adalah bahan kimia yang membantu meredakan nyeri sendi atau tubuh. Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang telah terbukti memiliki efek pereda nyeri dan anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pain menemukan bahwa mengonsumsi sedikit jahe setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri otot akibat olahraga.

Kandungan aktif jahe seperti gingerol, gingeredione dan gingeron dapat menghambat siklooksigenase dan lipoksigenase. Sehingga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh leukotrien dan prostaglandin. Jahe merah juga mengandung oleoresin, yang lebih tinggi dari jahe lainnya, dan oleoresin juga memiliki sifat anti inflamasi.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Jahe kaya akan vitamin C dan magnesium. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain kedua zat tersebut, jahe juga mengandung gingerol, pinanol, dan gingeron yang dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Meredakan sakit pencernaan

Jahe dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk memperbaiki sistem pencernaan pada manusia. Komponen fenolik jahe dapat meredakan gejala gangguan pencernaan dan merangsang air liur, mencegah kontraksi lambung, dan membantu memindahkan makanan dan minuman melalui proses pencernaan. Jahe juga dikenal sebagai karminatif. Ini dapat membantu mengeluarkan gas berlebih dari sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti kolik dan gangguan pencernaan bisa diobati dengan jahe.

Meredahkan Mual

Aroma dan ramuannya yang unik dapat digunakan untuk meredakan mual. Selain itu, konsumsi jahe juga dapat digunakan untuk mengobati mabuk perjalanan. Jahe bisa meredakan mual akibat morning sickness, pusing, dan pengobatan kanker. Jahe bisa dimakan mentah atau sebagai minuman. Jahe dalam bentuk karamel sangat baik untuk mengatasi mual pada ibu hamil.

Manfaat Mengkonsumsi Rempah – Rempah was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *