Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui

daun kelor

Daun kelor, atau disebut moringa oleifera, adalah daun dari pohon dengan nama yang sama yang mempunyai ukuran sebesar ibu jari dan mudah dijumpai disekitar kita. Biasanya, pohon ini tumbuh dengan liar di sekitar pekarangan rumah atau di tanah yang kosong. Pohonnya yang mudah dijumpai membuat banyak orang yang memanfaatkannya sebagai bahan masakan. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat apa saja yang didapat dari daun kelor ini.

Daun kelor banyak dipercaya sebagai ramuan tradisional dengan beragam mitos. Namun, manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari bukanlah mitos. Berikut manfaat dari daun kelor yang jarang diketahui.

Kaya Akan Gizi

Mungkin bentuknya yang kecil akan membuat kalian meremehkan khasiat dari daun kelor ini. Tapi tahukah kalian bahwa banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam daun ini. Daun kelor mengandung vitamin A yang baik untuk mata, kemudian vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, dan vitamin B6 yang berfungsi untuk mencegah resiko penyakit jantung.  Tidak hanya itu, daun kelor juga mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan, dan magnesium yang menjaga kesehatan tulang. 

Menurunkan Kolesterol

Tahukah kalian bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit yang fatal? Ya, kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan darah tidak dapat memompa dengan baik menuju jantung dan terjadilah serangan jantung. Namun, apabila kalian mengonsumsi ekstrak daun kelor secara rutin, maka hal tersebut dapat dicegah atau bahkan disembuhkan. Daun kelor dipercaya mengandung khasiat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan mencegah munculnya dislipidemiayaitu penyakit jantung yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Meredakan Anemia

Anemia adalah kurangnya sel darah merah didalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dalam darah dan penderita akan mengalami kelelahan, pucat, dan jantung yang berdebar-debar. Zat besi yang terkandung dalam daun kelor mampu memproduksi hemoglobin  dalam tubuh sehingga mengurangi resiko munculnya anemia. Zat besi yang terkandung pada daun kelor dinilai lebih tinggi 25 kali dari sayur bayam. Maka dari itu, mengonsumsi daun kelor sangat dianjurkan bagi para penderita anemia.

Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Seperti yang telah disebutkan bahwa daun kelor memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral, maka daun kelor sangat cocok sebagai asupan nutrisi sehat bagi pertumbuhan anak. Rajin mengonsumsi ekstrak kelor atau bubuk kelor dapat meningkatkan berat badan anak sehingga anak tidak akan mengalami malnutrisi. Selain itu, kadar potasium dalam kelor 3 kali lebih tinggi dari pisang yang membuatnya dapat memenuhi asupan nutrisi harian anak. Mulai sekarang, biasakan melatih anak untuk makan kelor, ya!

Baca Juga: Manfaat Makanan Sehat Dan Bergizi Bagi Tubuh

Mengandung Antioksidan Tinggi

Selain nutrisi yang terpenuhi, dalam daun kelor juga terdapat antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat memengaruhi proses regenerasi sel dan menyebabkan munculnya potensi kanker. Tetapi, hal tersebut dapat dihindari jika kalian rajin mengonsumsi daun kelor karena antioksidan yang tinggi dalam kelor mampu membantu kalian untuk melawan semua radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Memperbaiki Mood

Suasana hati yang jelek pasti akan memengaruhi aktivitas kalian dan membuat suasana di sekitar menjadi tidak nyaman. Mengonsumsi daun kelor dipercaya dapat mengubah suasana hatimu menjadi lebih baik. Kenapa? Karena dalam kelor terkandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk meredakan stres dan mengurangi depresi. Konsumsi kelor agar mood kalian baik terus, ya!

Perawatan Alami Untuk Wajah Kusam

Bila kalian memiliki wajah kusam atau flek yang tak kunjung hilang, jangan langsung putus asa. Mungkin banyak perawatan  dengan teknologi canggih yang harganya mecapai jutaan, atau mungkin krim perawatan import hingga ratusan ribu yang telah kalian coba namun tak berhasil. Maka, kalian dapat beralih ke perawatan alami menggunakan daun kelor. Daun kelor dengan kadar vitamin C yang tinggi dinilai mampu mencerahkan wajah yang kusam dan memudarkan flek. Cukup dengan menumbuk beberapa daun kelor hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air hingga berbebtuk pasta, lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker. Maka, flek akan memudar dan wajah dapat kembali cerah.


Meskipun banyak sekali orang yang meremehkan khasiat dari daun kelor, namun banyak sekali penelitian yang menjelaskan kandungan gizi dalam daun kelor yang baik bagi kesehatan maupun bagi perawatan wajah. Namun sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter apabila kalian ingin mengonsumsinya dalam rentang waktu yang lama untuk menghindari komplikasi maupun alergi.

Baca juga: Inilah Manfaat Sehat Dari Mengkonsumsi Madu

Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *