Es Traditional di Berbagai Daerah

es tradisional

Paling enak di siang hari itu meminum es traditional. Apakah kalian semua masi ingat atau mungkin masih banyak yang jualan di tempat kalian tinggal, berbagai macam es traditional seperti Es doger, es dawet, es cendol,dll. 

Dijaman sekarang memang sangat amat sedikit peminat es traditional karena kalah dengan es yang lagi hits dimasa sekarang. Es traditional memiliki ciri khas sendiri  dengan rasa yang luar biasa segar dan nikmat. jika kalian belum pernah mencoba maka kalian wajib dan harus mencobanya. Penasaran bagaimana asal muasal es traditional dan rasanya yuk simak.

  • Es Doger

Es doger adalah santan dingin yang banyak ditemukan di Bandung, Jawa Barat. Walaupun es doger berasal dari Cirebon, namun juga dapat ditemukan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang dan Surabaya. Selain rasanya yang enak,  juga sangat cocok diminum di tempat yang panas. Enak juga jika Anda minum es setelah berolahraga. bahan yang di butuhkan hanya es batu dari susu dan kelapa parut, tape, beras ketan hitam, alpukat, dll.

  • Es Selendang Mayang

Es selendang mayang adalah minuman tradisional Indonesia dari Jakarta. Minuman jenis ini sudah jarang ditemukan sekarang, karena masyarakat Betawi sendiri menganggapnya sebagai minuman kuno. Di acara-acara tertentu, seperti Lebaran Betawi, minuman ini sering ditawarkan dengan label “minuman Betawi jadul”. Selain menyegarkan, minuman ini juga menggunakan bihun sebagai bahan dasarnya yang dapat mengurangi rasa lapar. 

  • Es Dawet

Dawet adalah minuman khas Jawa yang terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan, disajikan dengan es batu, gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan enak. Dawet adalah minuman khas Banjarnegara. Sejalan dengan perkembangan zaman, es ini menyebar dari Semarang, Solo, Jakarta, Bandung dan kota-kota lain ke seluruh kota.

  • Es Cendol

Cendol merupakan minuman khas Sunda yang sebelumnya dibuat dengan tepung hankwei, namun kini cendol dibuat dari tepung beras, disajikan dengan es batu, gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan enak. Di daerah sunda minuman ini disebut cendol, sedangkan di jawa tengah disebut es dawet. 

  • Es teler

Es teler adalah es buah asli Indonesia. Alpukat, kelapa, jeli, nangka dan buah-buahan lainnya dimakan dengan santan, susu kental manis, daun pandan (biasanya dalam bentuk sirup kelapa dan pandan), gula pasir dan sedikit garam. Es teler adalah minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Bukti asal usul atau sejarahnya adalah Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena diproduksi oleh Hj, warga Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Ditemukan oleh Samijem Darmo Putro (ibu Tukiman Darmowijono).

Es Traditional di Berbagai Daerah was last modified: by
Share this article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *