Cara Terbaik Mengambil Foto Menggunakan Ponsel


“The camera is an instrument that teaches people how to see without a camera”

― Dorothea Lange


Tidak peduli seberapa mahal kamera atau ponsel Anda, masalahnya adalah bagaimana cara Anda untuk mengambil sebuah foto. Penting untuk diingat bahwa teknik dalam fotografi akan menentukan seberapa bagus foto Anda nantinya. Saya dapat mengatakan, bahwa mengambil gambar menggunakan telepon sedikit lebih mudah daripada menggunakan kamera. Mengapa? Karena ponsel lebih ringan dari pada DSLR. Anda hampir dapat mengambil gambar setiap gambar tanpa banyak tekanan di tangan Anda di setiap sudut yang Anda inginkan saat menggunakan telepon. Tetapi ponsel mungkin tidak memiliki banyak fitur sebanyak kamera DSLR. Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa mengambil foto yang lebih baik menggunakan telepon?

Teknik yang akan Anda gunakan untuk mengambil foto menggunakan telepon Anda hampir sama dengan yang Anda ambil menggunakan DSLR.

Gridlines

Tujuan penggunaan garis kisi adalah untuk mengatur komposisi foto Anda. Ini akan membantu Anda menyesuaikan dan menyeimbangkan gambar Anda. Jadi Anda tidak akan meletakkan objek ke sudut yang tidak proporsional dalam bingkai Anda.

gridlines, photo

Source: Polaroid University

Ini disebut rule of third, aturan dalam fotografi yang dapat dilanggar dan mengabaikan aturan ini tidak akan membuat gambar Anda tidak seimbang atau buruk. Tetapi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk tidak mengabaikan dan memahaminya terlebih dahulu sebelum Anda mengabaikan rule of third ini.

Baca Juga :  Game Berikut Dapat Meningkatkan Kreativitas!

Natural light

Bahkan setiap smartphone dilengkapi dengan flash, fitur itu tidak membantu sama sekali. Karena Anda tidak dapat mengandalkan flash ponsel Anda, cahaya alami adalah solusinya. Cobalah untuk memanfaatkan cahaya alami untuk menciptakan keseimbangan dalam pencahayaan foto Anda.

photo, natural

Source: Nicholas Saputra

Photo, light, low

Source: Explore Jakarta

Tidak masalah apakah itu siang atau malam, Anda selalu dapat menggunakan pencahayaan alami di sekitar Anda untuk mengambil foto yang bagus.

Read also: Improve Your Photography Skill!

Focus on your object

Apakah Anda akan mengambil foto set atau candid, Anda masih perlu memperhatikan fokus Anda pada objek. Foto yang baik adalah foto yang tidak selalu menggunakan semua bingkai. Dua pertiga atau mungkin lebih dari bingkai Anda harus dikosongkan atau diisi dengan ruang negatif. Sebagai contoh, lihat foto ini,
photo, focus

Source: Tino Renato

Find a new perspective

Akan selalu ada sesuatu yang baru di sekitar Anda yang selalu dapat Anda temukan. Pastikan Anda selalu membawa kamera. Anda dapat mencoba sudut berbeda dari setiap foto yang Anda ambil untuk menemukan hasil terbaik. Atau Anda juga bisa belajar tentang simetri foto.
Photo, symmetry

Source: Slow The Moon

Editing

Mengedit foto bukanlah sebuah kesalahan dari foto yang anda ambil. Tetapi harus Anda ingat bahwa memanipulasi gambar berbeda dari mengedit foto Anda. Memanipulasi berarti Anda mengubah gambar, tetapi mengedit berarti Anda “memperbaiki” gambar. Sangat sulit bagi seorang fotografer untuk mendapatkan foto sempurna yang sangat berharga dari saat tertentu. Terkadang, Anda bisa mendapatkan sudut yang sempurna tetapi kurang pencahayaan. Itu sebabnya pengeditan diperlukan. Ada juga banyak aplikasi telepon yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto Anda seperti, instagram, VSCO, snapseed, photoshop, dan banyak lagi.

Baca Juga :  Tips Teknik Dasar Fotografi DSLR Untuk Pemula

photo, edit

Source: Brandon Woelfel

Don’t just rely on your phone

Selalu ada alat yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu Anda mengambil sebuah foto yang berkesan. Sekalipun alat itu tidak biasa, asalkan bisa membantu Anda, maka gunakan itu. Lihatlah foto ini tentang bagaimana saringan dapat membantu Anda membuat foto yang menakjubkan.
Photo, Tool

Source: Brandon Woelfel

Karena kreativitas tidak ada batasannya, fotografi juga sama. Cobalah untuk lebih mengeksplorasi diri Anda dan menemukan perspektif yang berbeda untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan fotografi Anda.

Share this article!

Leave a Reply