Cara Menjadi Lebih Kreatif


Pernahkah anda berada dimana anda harus melakukan sesuatu namun anda bingung harus mulai dari mana? Lalu anda bertanya, “kenapa saya tidak sekreatif orang lain?”, “apakah sulit untuk menjadi kreatif?”, “kenapa saya tidak bisa melakukan apa-apa?” Tentu hal ini akan membuat anda menjadi stress, bukan?

Jika anda terlahir dengan gen kreatif dalam darah anda, anda adalah orang yang sangat beruntung. Namun jika sebaliknya? Maka anda harus mencari hal apa yang dapat anda lakukan. Bukan hanya orang kreatif saja yang memiliki banyak ide, anda juga bisa!

Kreativitas adalah sebuah keterampilan. Anda dapat melatihnya setiap hari untuk meningkatkan kreativitas anda. Jika anda suka melihat orang menggambar lukisan yang indah, kenapa anda tidak mencoba memulai untuk menggambar juga? Tidak ada kata terlambat untuk belajar melakukan sesuatu yang baru.

Berikut dibawah ini ada beberapa tips khusus untuk anda ketika anda ingin meningkatkan kreativitas anda.

1. Stop Berpikir dan Lakukan

Memang, sebelum melakukan sesuatu, anda perlu mencari ide dengan berpikir. Namun jangan terlalu lama membuang-buang waktu anda hanya untuk berpikir. Karena energi anda akan habis anda gunakan untuk berpikir yang pada akhirnya anda akan menjadi terlalu lelah. Lakukanlah secara bertahap ide-ide anda. Jika anda rasa ide tersebut kurang cocok bagi anda, untuk apa anda harus terus melakukannya? Ganti dengan hal lainnya.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Gigi yang Sering Diabaikan!

2. Traveling

Untuk beberapa orang, mereka tidak bisa memicu kreativitas dengan melihat hal yang sama setiap hari. Anda perlu merefresh otak anda. Caranya? Dengan berwisata misalnya. Mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Anda dapat menikmati suasana baru dan juga dapat membantu otak anda untuk berpikir secara jernih.

3. Menggambar Doodle

Tidak masalah jika anda tidak mahir menggambar, namun doodle sangatlah mudah. Anda dapat menggambar apapun dalam buku sketsa anda. Buatlah karakter-karakter unik dalam doodle anda, atau anda bisa membuat kaligrafi, tipografi, dan lainnya. Hal ini juga termasuk kedalam aktivitas untuk meningkatkan kreativitas anda.

4. Berkumpul Dengan Orang Kreatif

Bukan berarti anda harus meninggalkan teman-teman lama anda. Namun anda bisa mencari orang-orang baru yang anda rasa memiliki kreativitas tinggi dibandingkan anda. Dari hal tersebut, anda dapat belajar dari mereka.

5. Jadilah Pemimpi

Tidak ada orang kreatif tanpa mimpi. Jika anda tidak punya sebuah impian, cobalah untuk mencari apa impian anda sebenarnya. Meskipun sulit, namun tetaplah mencoba mencari hingga anda menemukannya. Dengan demikian, anda dapat melatih kreatifitas anda dimulai dari termotivasinya anda untuk mewujudkan impian anda.

6. Jangan Terlalu Perfeksionis

Menjadi perfeksionis akan membatasi kreativitas anda. Kenapa? Karena anda akan menetapkan suatu batasan terhadap apapun yang anda rasa sudah cukup atau sudah bagus yang membuat anda puas dengan apa yang anda lakukan.

Baca Juga :  7 Menu Buka Puasa yang Bisa Jadi Andalan!

7. Menerima Kritikan

Ini adalah resep terkuat ketika anda ingin menjadi orang yang kreatif. Kritikan dan masukan dari orang lain terhadap karya-karya anda sangat bisa membantu anda berkembang menjadi lebih baik lagi. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas karya yang anda ciptakan.


Seperti yang sudah anda ketahui, terdapat banyak sekali cara untuk menjadi lebih kreatif. Sebenarnya, apa yang penulis tulis dalam artikel ini masih belum mencakup semua aspek. Jika para pembaca memiliki opini lain terhadap topik kali ini, marilah saling berbagi ilmu pada kolom komentar 🙂

Share this article!

Leave a Reply